Berita

122 Perusahaan Manufaktur di Indonesia, Contoh dan Ciri 2024

Indra Bonit

Daftar Perusahaan Manufaktur di Indonesia, Contoh dan Ciri
Ilustrasi perusahaan manufaktur di Indonesia, Source Image: www.talenta.co

Iberian-Partners.com – Indonesia menjadi salah satu negara dengan perkembangan bisnis pesat untuk sektor manufaktur. Kita tahu juga bahwa ada banyak sekali perusahaan manufaktur di Indonesia yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat.

Perusahaan manufaktur merupakan bisnis yang mengubah bahan mentah atau suku cadang menjadi bahan jadi. Produksi tersebut biasanya dilakukan dengan skala besar dengan menggunakan tenaga mesin serta manusia.

Walaupun istilah ini tidak asing dalam kehidupan sehari-hari, masih banyak orang yang belum mengetahui secara pasti apa itu perusahaan manufaktur. Disini kami akan menjelaskan pengertian secara lengkap terkait hal tersebut.

Bukan hanya itu saja, pembahasan mengenai daftar perusahaan manufaktur di Indonesia, contoh dan cirinya juga akan kami kupas di artikel kali ini. Baiklah, langsung saja kita masuk ke inti pembahasan yang telah kami rangkum berikut ini.

Apa Itu Perusahaan Manufaktur?

Apa Itu Perusahaan Manufaktur
Source: www.mas-software.com

Sebelum kita masuk ke pembahasan utama mengenai daftar perusahaan manufaktur di Indonesia, disini kami akan bahas lebih dulu pengertian perusahaan manufaktur. Secara sederhana, perusahaan manufaktur merupakan sebuah jenis perusahaan yang mengolah bahan mentah menjadi barang jadi.

Istilah manufaktur sendiri mengacu pada proses mengubah bahan baku menjadi barang jadi melalui penggunaan alat seperti mesin, manusia dan pemrosesan kimia. Dilansir dari sumber terpercaya, perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang membeli bahan baku lalu kemudian mengolahnya menjadi produk jadi untuk nantinya dipasarkan.

Dari sudut pandang ekonomi, pengertian perusahaan manufaktur adalah proses mengubah bahan mentah menjadi bentuk nilai tambah lewat suatu proses perakitan. Hasil akhir dari perusahaan manufaktur yaitu terciptanya produk yang memiliki nilai jual.

Produksi tersebut terdiri dari beberapa langka kerja, dimana setiap langkah kerja akan membawa bahan baku lebih dekat ke bentuk akhirnya. Dalam prosesnya, perusahaan manufaktur akan menggunakan mesin, peralatan dan tenaga kerja dalam satu media.

Di Indonesia, perusahaan manufaktur seringkali disebut dengan istilah pabrik atau factory dalam bahasa Inggris. Pabrik sendiri merupakan sebuah tempat berlangsungnya proses produksi (manufakturing atau fabrikasi).

Dengan begitu, bisa dikatakan disini bahwa perusahaan manufaktur adalah badan usaha yang mengubah barang mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi yang memiliki nilai jual.

Contoh dan Ciri Perusahaan Manufaktur

Contoh dan Ciri Perusahaan Manufaktur
Source: www.officenow.co.id

Setelah mengetahui informasi diatas, berikutnya kita akan bahas juga mengenai contoh dan ciri dari perusahaan manufaktur. Perusahaan manufaktur mampu beroperasi dalam berbagai sektor industri, seperti otomotif, elektronik, makanan dan minuman, tekstil, kimia dan masih banyak lagi lainnya tergantung jenis produk yang dihasilkan.

Nah perlu diketahui bahwa secara umum, perusahaan manufaktur di Indonesia memiliki beberapa ciri-ciri. Apa saja ciri perusahaan manufaktur tersebut, kalian bisa simak di bawah ini.

1. Pendapatan Utama dari Penjualan

Pemasukan utama dari perusahaan adalah dari penjualan barang yang diproduksinya. Produk tersebut dapat berupa produk setengah jadi atau produk jadi.

2. Memiliki Persediaan Fisik

Ciri kedua adalah memiliki persediaan fisik. Persediaan produk fisik ini dapat berupa stok barang yang sudah siap dipasarkan atau produk barang setengah jadi yang nantinya akan diproduksi kembali menjadi barang jadi.

3. Produk Sebagai Aktivitas Operasional Utama

Kegiatan operasional utama perusahaan adalah menjalankan aktivitas produksi. Kegiatan ini mencakup pengolahan bahan mentah menjadi produk setengah jadi ataupun produk jadi yang siap dijual.

4. Tersedia Fasilitas Produksi

Berikutnya memiliki atau tersedianya fasilitas produksi. Fasilitas ini dapat meliputi, tempat, mesin-mesin, peralatan dan tenaga kerja diperlukan untuk proses produksi.

5. Mengandalkan Bahan Mentah dan Bahan Baku

Seperti diketahui bahwa perusahaan manufaktur ini akan mengandalkan bahan mentah atau bahan baku sebagai input utama dalam proses produksi. Bahan ini bisa berupa logam, plastik, kain, kayu atau lainnya tergantung jenis produk yang dihasilkan nantinya.

6. Menggunakan Teknologi dan Mesin Khusus

Perusahaan manufaktur kerap kali menggunakan teknologi berupa mesin khusus untuk memfasilitasi produksi. Mesin ini mencakup peralatan otomatis, pengelasan, pemotongan CNC (Computer Numeric Control), dan lain sebagainya.

7. Tersedia Tenaga Kerja Handal

Sebuah perusahaan manufaktur juga pastinya memiliki tenaga kerja terlatih yang terlibat dalam berbagai proses produksi. Keahlian ini dapat berkisar dari operator mesin sampai teknisi perawatan hingga insinyur desain produk.

8. Kontrol Kualitas

Kontrol kualitas juga sangat penting dalam perusahaan ini. Dimana hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa produk jadi telah memenuhi standar yang ditetapkan. Hal ini juga melibatkan pemeriksaan produk secara berkala selama proses produksi.

9. Produksi Skala Besar

Hampir semua perusahaan manufaktur berusaha untuk mencapai efisiensi produksi dengan membuat banyak barang jadi dalam skala besar atau dalam jumlah yang konsisten.

10. Distribusi Produk Jadi

Setelah produk jadi berhasil diproduksi, perusahaan akan mendistribusikannya ke pasar melalui siaran distribusi yang sesuai. Ini dapat melibatkan distributor, grosir, ritel atau penjualan langsung kepada pelanggan.

Berbicara sedikit mengenai contoh, seperti disinggung diatas bahwa perusahaan manufaktur ini bisa dari beberapa sektor, seperti otomotif, elektronik, makanan dan minuman, kimia atau lainnya.

Ada banyak contoh perusahaan manufaktur di Indonesia, dimana sebagian perusahaan manufaktur tersebut juga telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Perusahaan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  • PT Indofood Sukses Makmur Tbk
  • PT Astra Honda Motor (AHM)
  • PT Unilever Indonesia Tbk
  • PT Toyota Motor Manufakturing Indonesia (TMMIN)
  • PT Semen Indonesia (Persero) Tbk

Daftar Perusahaan Manufaktur di Indonesia Terbesar

Selain beberapa perusahaan tersebut masih banyak lagi perusahaan manufaktur di Indonesia yang akan kami informasikan kepada kalian semua. Lebih jelasnya, simak daftar perusahaan manufaktur di Indonesia terbesar serta beberapa sektor di bawah ini:

1. PT Astra International Tbk

PT Astra International Tbk 2
Source: karir.umy.ac.id

Perusahaan manufaktur di Indonesia pertama ada PT Astra International Tbk. Perusahaan satu ini memiliki enam segmen bisnis yang beragam, meliputi jasa keuangan, alat berat, konstruksi, infrastruktur, agribisnis, teknologi informasi sampai properti.

PT Astra International Tbk telah memiliki 58 anak perusahaan yang menghasilkan produk, mulai dari batu bara, kelapa sawit, kendaraan bermotor, alat berat, layanan logistik, sampai layanan asuransi serta pembiayaan. Peran Astra bukan hanya terbatas pada industri manufaktur saja, namun juga di sektor lain yang mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.

2. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk
Source: www.neraca.co.id

Berikutnya ada PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan ternama yang bergerak di sektor industri barang konsumsi yang memiliki lebih dari 50 pabrik di seluruh Indonesia.

Perusahaan ini terbagi ke dalam enam divisi yang masing-masing memiliki merek komersil tersendiri. Divisi tersebut mencakup mie instan seperti Indomie, Supermie, Mie Telur Cap 3 Ayam, dan Pop Mie. Lalu ada juga produk susu seperti Indomilk, Milkuat, lalu snack terkenal seperti Doritos, Chitato, Chiki, Cheetos dan Lays.

3. PT Semen Indonesia

PT Semen Indonesia
Source: www.bareksa.com

Perusahaan manufaktur di Indonesia berikutnya ada PT Semen Indonesia Tbk. Perusahaan ini bergerak dalam kegiatan penambangan, penggalian dan pengolahan bahan mentah menjadi beberapa jenis semen dan produksi industri lainnya.

Semen Indonesia juga lebih dikenal dengan nama Semen Gresik yang sampai saat ini memiliki pabrik yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, seperti Gresik, Tuban, Padang dan Tonasa. Kontribusi perusahaan ini dalam mendukung pembangunan infrastruktur dan industri konstruksi di Indonesia memang sangat penting.

4. PT Unilever Tbk

PT Unilever Tbk
Source: sigijateng.id

PT Unilever Indonesia Tbk juga masuk sebagai salah satu perusahaan manufaktur di Indonesia terbesar yang sudah tidak asing lagi. Perusahaan ini memproduksi dan memasarkan berbagai produk perawatan pribadi, makanan, minuman dan produk kebersihan seperti deterjen.

Aset perusahaan ini meliputi pabrik-pabrik produksi, fasilitas penelitian serta pengembangan, infrastruktur distribusi dan juga merek-merek produk yang dikelola.

5. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk
Source: www.vibiznews.com

Lalu berikutnya ada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom). Telkom merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia. Aset perusahaan ini berupa infrastruktur jaringan telekomunikasi, teknologi informasi, dan data center yang digunakan untuk menyediakan layanan telekomunikasi serta internet kepada para pelanggan.

Perusahaan Manufaktur di Indonesia Sektor Industri Dasar dan Kimia

Perusahaan Manufaktur di Indonesia Sektor Industri Dasar dan Kimia
Source: www.erzap.com
Sub SektorPerusahaan
SemenPT Indocement Tunggal Prakasa Tbk (INTP)
PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR)
PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SMCB
PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR)
PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP)
PT Wijaya Karya Beton Tbk (WTON)
Keramik Porselin dan KacaPT Asahimas Flat Glass Tbk (AMFG)
PT Arwana Citra Mulia Tbk (ARNA)
PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk (CAKK)
PT Inti Keramik Alam Industri Tbk (KIAS)
PT Surya Toto Indoensia (TOTO)
Logam dan SejenisnyaPT Alaskan Industrindo Tbk (ALKA)
PT Alumindo Light Metal Industry Tb (ALMI)
PT Saranacentral Bajatama Tbk (BAJA)
PT Beton Jaya Manunggal Tbk (BTON)
PT Citra Turbindo Tbk (CTBN)
KimiaPT Aneka Gas Industri Tbk (AGII)
PT Barito Pasific Tbk (BRPT)
PT Budi Starch & Sweetener Tbk (BUDI)
PT Duta Pertiwi Nusantara Tbk (DPNS)
PT Ekadharma International Tb (EKAD)
PT Eterindo Wahanatama Tbk (ETWA)
Plastik dan KemasanPT Alam Karya Unggul Tbk (AKKU)
PT Argha Karya Prima Industry Tbk (AKPI)
PT Asiaplast Industries Tbk (APLI)
PT Berlina Tbk (BRNA)
PT Sinergi Inti Plastindo Tbk (ESIP)
PT Lotte Chemical Titan Tbk (FPNI)
PT Champion Pasific Indonesia Tbk (IGAR)
PT Impack Pratama Industri Tbk (IMPC)
Pakan TernakPT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN)
PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA)
PT Malindo Feedmill Tbk (MAIN)
PT Siearad Produce Tbk (SIPD)
Kayu dan PengolahannyaPT Indonesia Fireboard Industry Tbk (IFII)
PT Singaraja Putra Tbk (SINI)
PT SLJ Global Tbk (SULI)
PT Trita Mahakam Resources Tbk (TIRT)
Pilp dan KertasPT Alkindo Naratama Tbk (ALDO)
PT Fajar Surya Wisesa Tb (FASW)
PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (INKP)
PT Toba Pulp Lestari Tbk (INRU)
PT Kertas Basuki Rachmat Indonesia Tbk (KBRI)
PT Kedawung Setia Industrial Tbk (KDSI)
PT Suparma Tbk (SPMA)
PT Sriwahana Adityakarta Tbk (SWAT)
PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM)

Perusahaan Manufaktur di Indonesia Sektor Aneka Industri

Perusahaan Manufaktur di Indonesia Sektor Aneka Industri
Source: www.officenow.co.id
Sub SektorPerusahaan
Mesin dan Alat BeratPT Ateliers Mecaniques D’Indonesie Tbk (AMIN)
PT Arkha Jayanti Persada Tbk (ARKA)
PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk (GMFI)
PT Steadfast Marine Tbk (KPAL)
PT Grand Kartech Tbk (KRAH)
Otomotif dan KomponenPT Astra International Tbk (ASII)
PT Astra Otoparts Tbk (AUTO)
PT Garuda Metallindo Tbk ( BOLT)
PT Indo Kordsa Tbk (BRAM)
PT Goodyear Indonesia Tbk (GDYR)
Tekstil dan GarmentPT Polychem Indonesia Tbk (ADMG)
PT Argo Pantes Tbk (ARGO)
PT Trisula Textile Industries Tbk (BELL)
PT Century Textile Industry Tbk (CNTB)
PT Eratex Djaya Tbk (ERTX)
PT Ever Shine Tbk (ESTI)
PT Panasia Indo Resources Tbk (HDTX)
PT Asia Pacific Investama Tbk (MYTX)
PT Pan Brothers Tbk (PBRX)
PT Golden Flower Tbk (POLU)
PT Asia Pacific Fibers Tbk (POLY)
PT Sri Rejeki Isman Tb (SRIL)
PT Sunson Textile Manufacturer Tbk (SSTM)
Alas KakiPT Sepatu Bata Tbk (BATA)
PT Primarindo Asia Infrastructure Tbk (BIMA)
ElektronikPT Sky Energi Indoensia Tbk (JSKY)
PT Sat Nusa Persada Tbk (PTSN)
PT Gaya Abadi Sempurna Tbk (SLIS)
KabelPT Communication Cable System Indonesia Tbk (CCSI)
PT Sumi Indo Kabel Tbk (IKBI)
PT Jembo Cable Company Tbk (JECC)
PT KMI Wire And Cable Tbk (KBLI)
PT Kabelindo Murni Tbk (KBLM)
PT Supreme Cable Manufacturing and Commerce Tbk (SCCO)
PT Voksel Electric Tbk (VOKS)

Perusahaan Manufaktur di Indonesia Sektor Industri Barang Konsumsi

Perusahaan Manufaktur di Indonesia Sektor Industri Barang Konsumsi
Source: money.kompas.com
Sub SektorPerusahaan
Makanan dan MinumanPT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk, PT (AISA)
PT Tri Banyan Tirta Tbk, PT (ALTO)
PT Campina Ice Ccream Industry Tbk, PT (CAMP)
PT Wilmar Cahaya Indonesia Tbk, PT (CEKA)
PT Sariguna Primatirta Tbk, PT (CLEO)
PT Wahana Interfood Nusantara Tbk, PT (COCO)
PT Delta Djakarta Tbk (DLTA)
PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, PT(ICBP)
PT Era Mandiri Cemerlang Tbk (IKAN)
PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT (INDF)
PT Mulia Boga Raya Tbk, PT ( KEJU)
PT Multi Bintang Indonesia Tbk, PT (MLI)
PT Mayora Indah TBK, PT (MYOR)
PT Nippon Indosari Corporindo Tbk, PT (ROTI)
RokokPT Gudang Garam Tbk (GGRM)
PT Handjaya Mandala Sampoerna Tbk (HMSP)
PT Indonesia Tobacco Tbk (ITIC)
PT Bentoel International Investama Tbk (RMBA)
PT Wismilak Inti Makmur Tbk (WIIM)
FarmasiPT Darya Variao Laboratoria Tbk (DVLA)
PT Indofarma (Persero) Tbk (INAF)
PT Kimia Farma (Persero) Tbk (KAEF)
PT Kalbe Farma Tbk (KLBF)
PT Merck Indonesia Tbk (MERK)
Kosmetik dan Barang Keperluan Rumah TanggaPT Akasha Wira International Tbk (ADES)
PT Kino Indonesia Tbk (KINO)
PT Cottonindo Ariesta Tbk (KPAS)
PT Martina Berto Tbk (MBTO)
PT Mustika Ratu Tbk (MRAT)
PT Mandom Indonesia Tbk (TCID)
PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR)
Peralatan Rumah TanggaPT Chitose International Tbk(CNIT)
PT Kedaung Indah Can Tbk (KICI)
PT Langgeng Makmur Industry Tbk (LMPI)
PT Integra Indocabinet Tbk(WOOD)

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas terkait perusahaan manufaktur di Indonesia, disini dapat kami simpulkan bahwa ada banyak sekali perusahaan manufaktur yang bergerak di beberapa sektor berbeda. Mulai dari otomotif, elektronik, makanan dan minuman, Kimia dan lain sebagainya.

Beberapa perusahaan manufaktur tersebut juga bisa dikatakan hampir semuanya telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pada informasi kali ini, kami juga telah membagi beberapa perusahaan manufaktur di Indonesia untuk beberapa sektor yang dapat kalian simak pada tabel diatas tadi.


Editor: Ari

Photo of author

Indra Bonit

Indra Bonit, lulusan S2 Universitas Indonesia, telah membangun karir menulis selama 7 tahun, fokus pada topik lowongan kerja dan gaji. Keahliannya menginspirasi banyak pencari kerja, memadukan penelitian mendalam dengan pengalaman nyata.

Baca Juga