Berita

20 Kuliah Kelas Karyawan Murah, Terbaik, Online dan Offline 2024

Aditya Setyawan

Kuliah Kelas Karyawan Murah
Ilustrasi Kuliah Kelas Karyawan Murah, source image: sevima.com

Iberian-Partners.comMelihat perkembangan pendidikan di Indonesia, kini ada banyak kampus yang membuka program kuliah kelas karyawan murah. Dengan adanya program ini setidaknya memberi kesempatan bagi semua orang yang ingin memperoleh ilmu pengetahuan dan bisa meningkatkan keterampilan di bidangnya.

Selain biaya lebih murah dibanding dengan mahasiswa reguler, segala ketentuan kuliah kelas karyawan diadakan berbeda. Mulai dari mata kuliah, jam kuliah, model perkuliahan, hingga pilihan jurusannya.

Di tahun ajaran baru ini, ada sekitar puluhan kampus saling berlomba-lomba menawarkan program kuliah kelas karyawan. Untuk segala pendaftaran dimudahkan agar para calon mahasiswa bisa tertarik bergabung.

Untuk memudahkan kamu dalam menentukan pilihan kampus dengan program kuliah kelas karyawan, kami akan berikan rekomendasinya secara lengkap. Mulai dari yang paling murah hingga terbaik.

Daftar Kuliah Kelas Karyawan Murah

Secara umum, kelas karyawan merupakan sebuah program lama yang digagas oleh pemerintah. Di mana program tersebut dikhususkan bagi mahasiswa yang sudah memiliki status pekerjaan. Karena setiap mahasiswa punya jam kerja, maka waktu perkuliahan disesuaikan di jam kerja.

Program kelas karyawan biasanya diadakan oleh kampus-kampus swasta. Hal ini dikarenakan kampus swasta diperbolehkan mengatur segala aturan program tersebut secara mandiri. Nah, di bawah ini kami telah merangkum beberapa kampus dengan kuliah kelas karyawan yang murah, terbaik, online, dan offline.

1. Universitas Trisakti

1. Universitas Trisakti
source image: tribunnewsmaker.com

Universitas Trisakti Jakarta menjadi pilihan pertama bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah. Di kampus tersebut, ada dua program kuliah kelas karyawan yakni kelas eksistensi dan kelas malam. Kelas eksistensi diperuntukkan bagi lulusan D3 bisa melanjutkan program S1. Sedangkan kelas malam dibuka untuk tamatan SMA yang sudah bekerja dan ingin melanjutkan ke jenjang S1.

Untuk pilihan jurusan kelas karyawan pun hampir semua menerima. Mulai dari ekonomi, teknik sipil, kedokteran, teknologi industri, arsitektur, hukum, seni rupa dan desain, hingga kedokteran gigi. Biaya kuliahnya untuk dua program tersebut berkisar dari Rp. 9.000.000 sampai dengan Rp. 15.000.000 per bulan.

2. Universitas Bina Sarana Informatika

2. Universitas Bina Sarana Informatika
source image: campus.quipper.com

Kemudian, pilihan kampus kedua dengan kelas karyawan yakni Universitas Bina Sarana Informatika. Kampus tersebut pun sudah sejak lama dikenal sebagai kuliah kelas karyawan termurah dan terbaik. Hal ini dibuktikan banyak lulusan dari BSI banyak yang diterima CPNS 2019.

Apabila kamu lebih memilih Universitas Bina Sarana Informatika untuk meneruskan kuliah, maka kamu bisa ambil kelas sore maupun malam. Biaya kuliah dua kelas tersebut masih sama yakni mulai dari Rp. 500.000 hingga Rp. 5.000.000 per semester.

3. Universitas Mercu Buana

3. Universitas Mercu Buana
source image: gramedia.com

Berikutnya ada Universitas Mercu Buana yang memiliki program kelas karyawan. Ketika kamu menentukan kuliah di perguruan tinggi swasta tersebut, maka bisa memilih beberapa jurusan, mulai dari ekonomi bisnis, teknik, desain dan seni kreatif, ilmu komputer, ilmu komunikasi, hingga psikologi.

Keunggulan kelas karyawan di Mercu Buana adalah biaya kuliahnya. Pihak dari kampus menentukan besaran biaya berbeda dengan kelas reguler. Setidaknya mahasiswa kuliah kelas karyawan bisa dapatkan biaya sekitar Rp. 50.000.000 hingga selesai.

4. STMIK Nusa Mandiri

4. STMIK Nusa Mandiri
source image: id.wikipedia.org

STMIK Nusa Mandiri juga bisa dijadikan pilihan kamu melanjutkan kuliah sambil bekerja. Dari awal hingga sekarang dibukanya kelas karyawan, kampus tersebut telah memiliki sekitar 6.000 mahasiswa aktif. Dengan jumlah tersebut, membuktikan bahwa program kelas karyawan di STMIK Nusa Mandiri sangat favorit.

Meskipun sudah terkenal, STMIK Nusa Mandiri masih menerapkan biaya kuliah kelas karyawan sangat murah. Mahasiswa hanya cukup membayar Rp. 988.000 per semesternya. Pilihan metode perkuliahan juga dipilih sesuka hati, mau online atau offline.

5. Universitas Pancasila

5. Universitas Pancasila
source image: ensroom.com

Kampus dengan program kelas karyawan selanjutnya ada Universitas Pancasila. Tidak kalah dengan PTS lainnya, kuliah kelas karyawan di UNPAN punya keunggulan lebih menarik. Salah satunya yakni pilihan jurusan yang cukup banyak. Hampir keseluruhan jurusan membuka program tersebut.

Selain itu, biaya kuliah juga cukup murah. Kuliah selama delapan semester, mahasiswa cukup membayar sekitar Rp. 40.000.000 hingga Rp. 90.000.000. Besaran biaya tergantung pilihan jurusan. Berdasarkan rincian biaya di laman resmi, jurusan paling murah ilmu komunikasi dan pariwisata.

6. Universitas Indraprasta

6. Universitas Indraprasta
source image: Youtube Universitas Indraprasta

Selain Mercu Buana, kampus di Jakarta yang menawarkan kuliah kelas karyawan adalah Universitas Indraprasta. Ada banyak sekali keunggulan kelas karyawan di perguruan tinggi swasta tersebut. Mulai dari banyak pilihan jurusan, mahasiswa bisa lulus tepat waktu, jam kuliah fleksibel, hingga kualitas perkuliahan tidak dibedakan dengan program reguler.

Selain itu, kelas karyawan di Universitas Indraprasta juga terkenal dengan biaya kuliah murah. Dalam sebulan, mahasiswa cukup membayar Rp. 750.000. Besaran biaya sudah termasuk semua komponen, mulai dari SKS, pendidikan, hingga fasilitas.

7. Universitas Esa Unggul

7. Universitas Esa Unggul
source image: Youtube Universitas Esa Unggul

Perguruan tinggi swasta berikutnya ada Universitas Esa Unggul. Di PTS tersebut, kamu bisa melanjutkan pendidikan lebih tinggi meskipun sedang bekerja. Nama program kuliahnya yakni kelas karyawan. Hingga sekarang, program kelas karyawan di Universitas Esa Unggul menjadi kampus terpecaya.

Untuk pilihan program kuliahnya bisa memilih S1 maupun S2. Sedangkan metode perkuliahan bisa dilaksanakan secara online maupun offline. Biaya kuliah kelas karyawan di Universitas Esa Unggul juga dikatakan terjangkau. Setiap semester, mahasiswa cukup bayar sekitar Rp. 8.000.000 hingga Rp. 12.000.000.

8. Universitas Pelita Harapan

8. Universitas Pelita Harapan
source image: uph.edu

Rekomendasi kuliah kelas karyawan murah serta terbaik selanjutnya ada Universitas Pelita Harapan. Di perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Tangerang ini menawarkan program kuliah bagi orang yang sudah memiliki pekerjaan.

Di kelas karyawan UPH ada banyak sekali pilihan jurusan, mulai dari ilmu komunikasi, hubungan internasional, hukum, teknik elektro, teknis industri, keperawatan, psikologi, informatika, hingga usaha perjalanan wisata. Biayanya pun cukup terjangkau, antara Rp. 15.000.000 hingga Rp. 17.000.000 per semester.

9. Universitas Bina Nusantara

9. Universitas Bina Nusantara
source image: binus.ac.id

Ketika kamu menginginkan kuliah di rumah, bisa pilih Universitas Bina Nusantara sebagai tempat melanjutkan pendidikan. Waktu kuliah dengan mata kuliah pun dapat ditentukan sendiri. Jadi, Universitas Bina Nusantara memberikan ruang kebebasan kepada mahasiswa kelas karyawan.

Setidaknya ada tiga program kelas karyawan di BINUS, yakni dari SMA ke S1, D3 ke S1, dan sistem modular. Apabila kamu ingin kuliah dengan biaya murah, bisa pilih program sistem modular. Cukup bayar 4.800.00 sampai dengan 6.000.000 per semester.

10. Universitas Gunadarma

10. Universitas Gunadarma
source image: pagaralampos.disway.id

Universitas Gunadarma juga bisa dijadikan pilihan kamu mengambil kuliah kelas karyawan. Ada beberapa keunggulan dari program tersebut, antara lain proses belajar bisa diatur secara sistematis, jadwal kuliah bisa dipilih, disediakan elearning, disediakan karir, tidak ada batasan umur, hingga biaya kuliah terjangkau.

Pilihan program kuliah kelas karyawan di Universitas Gunadarma pun ada tiga, program sarjana, program ekstensi, dan program pascasarjana. Jika kamu menentukan S1, maka biaya kuliah kelas karyawan sebesar Rp. 4.500.000 per semester.

11. Universitas Pamulang

11. Universitas Pamulang
source image: siberkota.com

Saat kamu sudah bekerja namun ingin melanjutkan pendidikan tinggi tanpa mengganggu waktu kerja, Universitas Pamulang menjadi pilihan tepat untuk dipilih. Karena, di perguruan tinggi swasta tersebut membebaskan mahasiswa dari uang pangkal dan gedung.

Biaya kuliah kelas karyawan di UNPAM kurang lebih di Rp. 2.000.000 hingga Rp. 5.000.000 tiap semester. Tidak hanya itu, pilihan jurusan untuk program di luar reguler cukup banyak. Tiap fakultas membukanya.

12. Universitas Nasional

12. Universitas Nasional
source image: pasca-sarjana.com

Universitas Nasional pun bisa dijadikan pilihan bagi tamatan SMA/SMK maupun D3 yang melanjutkan kuliah. Jika sudah bekerja, maka bisa di program kelas karyawan. Kualitas serta pendidikan di program tersebut masih sama di hari sama, hanya saja beda jam kuliahnya.

Selepas kerja, para mahasiswa bisa mengikuti perkuliahan, baik secara online maupun offline. Uang kuliah kelas karyawan pun bisa dikatakan murah, kurang lebihnya Rp. 2.000.000 hingga 5.000.000 per semester.

13. Universitas Nusa Mandiri

13. Universitas Nusa Mandiri
source image: milenianews.com

Setelah itu, ada Universitas Nusa Mandiri yang memiliki kuliah karyawan dengan biaya murah serta terbaik. Ada keunggulan di perguruan tinggi swasta tersebut, antara lain dosen kompeten, lulusan bersertifikat, e-learning, biaya bisa diangsur, hingga pendaftaran mudah.

Biaya kuliah di Universitas Nusa Mandiri kelas karyawan sendiri hanya Rp. 600.000 per bulan. Apabila di hitung per semester, maka mahasiswa cukup membayar Rp. 3.600.000. Biaya itu pun sudah mencakup keseluruhan.

14. Universitas Trilogi

14. Universitas Trilogi
source image: Youtube Trilogi Official

Rekomendasi kuliah kelas karyawan berikutnya bisa menentukan di Universitas Trilogi. Di sana para mahasiswa bisa bekerja sambil kuliah. Untuk segala persyaratannya pun dimudahkan. Seperti umur, tahun lulus, hingga jurusan apa saja bisa mendaftar.

Biaya kuliah kelas karyawan di Universitas Trilogi sendiri cukup murah. Tiap semesternya, mahasiswa cukup bayar Rp. 7.500.000. Biaya itu pun bisa diangsur tiap bulannya. Bagi pendaftar yang mendaftar sebelum bulan Juli akan diberi potongan Rp.1.000.000.

15. STIE Tunas Nusantara

15. STIE Tunas Nusantara
source image: mahasiswagratis.wordpress.com

Lalu, ada juga Sekolah Tinggi Tunas Nusantara yang menyediakan kuliah kelas karyawan murah. Tidak hanya murah, segala fasilitas seperti ruang kuliah, ruang laboratorium juga lengkap. Ada juga fasilitas gratis mengikuti webinar tiap bulannya untuk meningkatkan jenjang karir masa depan.

Total biaya tiap bulan kelas karyawan di STIE Tunas Nusantara kurang lebih sebesar Rp. 988.000. Jumlah biaya tersebut pun bisa dibayar secara berkala, disesuaikan dengan kemampuan masing-masing mahasiswa.

16. ITB Swadharma

16. ITB Swadharma
source image: swadharma.ac.id

Apabila kamu tidak ingin di universitas, ITB Swadharma juga bisa dijadikan sebagai pilihan kuliah kelas karyawan murah serta terbaik. Keunggulan program kelas karyawan di PTS tersebut cukup banyak. Antara lain sudah terakreditasi BAN-PT, non skripsi, berbasi praktik, e-elearning, hingga pembelajaran di luar kampus.

Untuk pilihan jurusan kelas karyawan ITB Swadharma juga beragam, seperti sistem informasi, teknik informatika, sains data, akuntansi, sampai bisnis digital. Semuanya merupakan program S1. Kurang lebih biaya kuliah kelas karyawan di ITB Swadharma dari Rp. 250.000 sampai Rp. 5.000.000.

17. Universitas Paramadina

17. Universitas Paramadina
source image: paramadina.ac.id

Pilihan kuliah kelas karyawan selanjutnya ada di Universitas Paramadina. Sebuah kampus swasta terbaik di Jakarta ini menyediakan keunggulan-keunggulan tiap programnya. Seperti biaya murah, disediakan fasilitas e-learning, tidak ada batasan umur, sampai diajar oleh dosen profesional.

Rata-rata biaya tiap program studi kurang lebih Rp. 2.000.000 per bulan. Kamu bisa langsung daftarkan diri secara online di laman resmi Universitas Paramadina.

18. STIE Bank BPD Jateng

18. STIE Bank BPD Jateng
source image: kelaskaryawan.org

Jika rumahmu berada di wilayah Provinsi Jawa Tengah, bisa lanjutkan kuliah saat kerja di STIE Bank BPD Jateng. Kampus tersebut merupakan salah satu program pendidikan Bank Jateng. Diperuntukkan bagi para karyawan agar bisa mendapatkan pengetahuan lebih tinggi dengan biaya murah.

Ada dua program studi di kelas karyawan. Setiap prodi punya ketentuan biaya kuliah berbeda. Jurusan S1 Akuntansi dan Manajemen, pembayaran pertama yakni Rp. 800.000. Sedangkan prodi magister manajemen adalah Rp. 1.500.000.

19. Universitas Widyatama

19. Universitas Widyatama
source image: gedungpkm.wordpress.com

Perguruan tinggi swasta dengan kelas karyawan murah serta terbaik berikutnya adalah Universitas Widyatama. Di kampus tersebut, calon mahasiswa bisa dapatkan gelar sarjana sambil bekerja.

Kurang lebih biaya kuliah kelas karyawan di Universitas Widyatama antara Rp. 2.000.000 hingga 7.000.000 per semester. Selain murah, pembayaran juga bisa dilakukan bertahpan tiap bulannya.

20. Universitas Katolik Soegijapranata

20. Universitas Katolik Soegijapranata
source image: unika.ac.id

Rekomendasi terakhir dari kami kuliah kelas karyawan ada di Universitas Katolik Soegijapranata. Tidak hanya memiliki ketentuan biaya kuliah murah, para mahasiswa kelas karyawan juga dapat menentukan jam kuliah sesuai dengan waktu kerja.

Saat tertarik kuliah kelas karyawan di Universitas Katolik Soegijapranata, calon mahasiswa baru perlu menyiapkan uang kuliah sekitar Rp. 7.000.000 hingga 15.000.000 per semester. Silakan bisa pilih jurusan sesuai bidang kamu.

Kesimpulan

Dari keseluruhan ulasan di atas, bisa disimpulkan bahwasanya setiap kampus punya ketentuan sendiri dalam mengelola program kelas karyawan. Mulai dari mata kuliah, waktu, metode, pilihan jurusan, hingga biaya kuliahnya. Setidaknya dari penjelasan kuliah kelas karyawan murah tadi bisa dijadikan sebagai rekomendasi terbaik.


Editor: Ari

Photo of author

Aditya Setyawan

Aditya Setyawan, jurnalis bisnis & keuangan, dikenal analisis tajam & narasi menarik. Lulusan ekonomi, berkontribusi pada media digital, mengedukasi tentang pasar & investasi. Pembicara di seminar, memperkaya literasi keuangan.

Baca Juga